Saturday, January 22, 2011

Pesantren Liburan Anak: Menjadi Generasi Pejuang


HTI Press. Libur tlah tiba..libur tlah tiba..horeee!! Masa liburan sekolah menjadi saat yang tepat untuk mengajak anak-anak menikmati liburan dengan cara yang berbeda. Tidak lagi dipenuhi dengan nonton tayangan khusus liburan, menghabiskan waktu untuk bermain atau keluar kota mengunjungi sanak keluarga.Muslimah HTI DPD 2 Kota Semarang, secara khusus mengajak puluhan anak dari usia 7 - 13 tahun untuk mengikuti Pesantren Liburan Anak. Acara ini diselenggarakan Senin, 20 Desember 2010 di Taman Bermain Mahardhika,Banyumanik Semarang.

Start awal dari Pesantren Liburan Anak ini adalah senam pagi, senam dulu biar sehat dan fresh pemikirannya. Ustdzah Dimi dan Ustadzah Dewi memandu dengan peserta dengan penuh semangat, dan tentu dengan penuh keceriaan anak-anak mengikutinya dengan tak kalah semangat.

Usai senam, peserta diajak bernyanyi dengan gembira oleh Ustadzah Dewi, tentu lagu dan tepuk yang membakar semangat mereka untuk meyakini akan adanya Allah swt, semakin meningkatkan ketakwaannya kepada Allah swt. Perkenalanpun dilakukan, tak kenal maka tak sayang, keceriaan yang muncul dari anak-anak menjadikan perkenalan semakin asyik dan rasa sayangpun tak sulit untuk segera ditumbuhkan. Bravo! Perkenalanpun tak semata perkenalan, bagi-bagi kelompok juga. Anak-anak diajak mengenal Khalafaur Rasyidin, siapa yang bisa menebak, maka itu menjadi nama kelompoknya. So,kelompok Abu Bakar, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib pun terbentuk. Alhamdulillah, pengetahuan jadi bertambah.

Setelah kenalan dan nyanyi-nyanyi, shalat dhuha dulu yuk. Jamaah dhuha pesantren liburan anak dipimpin oleh Mas Umar, Subhanallah sudah berani jadi imam, tentu dengan modal yang mumpuni dong. Dan makmum pun dengan tertib mengikuti gerakan imam, tidak ada canda, semuanya khusyuk mengharap ridho Allah swt di pagi ceria itu.

Sesi pertama ada games yang dipandu Ustadzah Nanik “Sembunyikan Hartamu”, perburuan harta karun pun dilakukan peserta di sepanjang area Taman Mahardhika, memanjat, menelusuri semak-semak dilakukan untuk menemukannya. Finally, terkumpul semua, ternyata setelah digabungkan harta karun itu bertuliskan A L L A H. Dari games ini, peserta diajak mengenal siapa Allah swt, dan diperkenalkan bahwa Allah itu Maha Tahu, “jadi adek-adek melakukan perbuatan apapun, Allah tahu tidak? ” Tahuuuu…” kompak peserta menjawab. Jadi, sejak kecil wajib menjaga amal perbuatan agar berpahala, meski sembunyi-sembunyi dan berbohong, Allah tetap tahu lho adek-adek. Siap!

Selanjutnya, mewarnnai dan bercerita “Semua ciptaaan Allah”, wah pada semangat sekali mewarnainya, ada buah, sayur, ikan, gajah, pokoknya semua ciptaan Allah swt. Sesi ini dipandu Ustadzah Depy. Setelah mewarnai, break makan siang, nyam nyam, sambil makan nonton Tupi dan Ping-ping, berpetualang deh. Sesi istirahat ini dilanjutkan dengan bermain bebas, asyiik main ayunan dan main bola. Setelah itu shalat dhuhur, jamaah lagi dengan Mas Umar sebagai imamnya.

Sesi terakhir ni, “Cerita Bunda” yang dipandu Ustadzah Fitri. Peserta diajak memahami bagaimana perasaan, harapan dan kasih sayang Bunda mereka. Ustadzah Fitri membacakan cerita harapan dari bunda salah satu peserta. Sangat menyentuh, ternyata Bunda, Ibu, Umi, Mama senantiasa menginginkanyang terbaik bagi putra-putrinya. Pemandu juga meminta anak-anak untuk mengemukakan perasaan dan usahanya untuk menjadi anak yang dibanggakan orang tuanya. Ingat nak, ridho Allah tergantung pada ridho orang tua, jadilah anak-anak yang dibanggakan orang tua kalian, jadilah anak-anak yang sehat, cerdas, bertakwa, siap menjadi pemimpin dan berani berbeda untuk menyerukan islam.

Doa penutup pun dipanjatkan, semoga menjadi anak-anak sholeh yang senantiasa menjadikan ridho Allah swt sebagai tujuan. Dan sampai ketemu lagi di kajian intensif anak. Tak sabar menunggu kalian belajar islam, mengamalkan, dan menyebarkan kepada teman-teman kalian. Allahu Akbar! (FH/12b)

senam pagi dulu biar sehaT













Salah Satu akhwat memasangkan Nama












semangad mengikuti materi pertama












harapan Ummi untuk kalian..












shalat dhuhur berjamaah













BY: Muslimah Hizbut tAhrir Indonesia

Reaksi:

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More