Tuesday, December 6, 2011

Andi Mutmainnah Salam

Dari dulu, hingga saat ne orang yang mendengar dan ada kenal ana..,,. selalu akan KATA  kalau ini nama yang indah... Masyaallah.. CANTIK NAMA UKHTI..
Erm...
“Ya ALLAH, jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, janganlah Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidak tahuan mereka”,(Abu Bakar As-Shiddiq ra) " bagiMulah segala puja puji, dgn hati badan dan lisanku.
  Setidaknya aku sangat berterimakasih kepada Tuhan karena nama ini benar-benar mewakili sosok ana dalam hidup ini. Ada banyak cerita INDAH. ketidak sengajaan, keberuntungan dan hikmah yang tersimpan di balik nama itu hingga ana bisa menjadi sosok seperti saat ini.
Namaku Andi Mutmainnah Salam. ummi yang memberi nama indah ini Padaku. Aku tidak mengerti mengapa antara namaku dan kejadian saat aku lahir benar-benar seperti sebuah skenario yang tidak disengaja tertuliskan, tapi itulah takdirku. Dan inilah deskripsi dari namaku. 
Andi Mutmainnah Salam
Ummi sangat menyukai nama ini, beliau terinspirasi dari sosok doktor USTAZAH cantik yang mempunyai nama asli Mutmainnah Maharani, ea adalah ustazah yang dulu-nya menjadi ustazah kondang yang sangat terkenal di kotaku. Dulu,, hihihi saat ni ustazah bertinggal di sebuah desa yang tak jauh dari kotaku..Ummi dan Abi sering berobat ke Ustazah maharani. akhirnya Ibuku meminta izin kepada Ustazah tersebut untuk membubuhkan nama Ustazah tersebut kepadaku jika nanti aku dilahirkan sebagai perempuan. Dan mungkin saja itu harapan dari Ummi agar anaknya nanti bisa menjadi Ustazah kondang di masa depan dan bisa secantik seperti Ustazah itu. Alhamdulillah, saat ini aku tengah menjalani study ku di 2 UNIVERSITI yang berbeza, 1.Moslem University of Indonesia  sebagai mahasiswa Syariah, DAN satunya lagi di Ma’had ‘Aly al-Wahdah.  http://www.stibamks.net/2009/07/profil.html . yah doakan yah sahabat semoga ke duanya ini ana tetap istiqamah dalam menjalaninya. Saya seorang aktivis da'wah dalam syarikat POLITIK ISLAM besar yang di namakan HIZBUT TAHRIR. dan saat ini sedang melanjutkan perjuangan untuk menjadi hamba yang terbaik. saya anak  ke 5 dari 6 adik beradik. hmm Untuk masalah cantik sih, dari segi fisik mungkin aku tak kalah cantik juga dari Ustazah doktor maharani itu,, sangat cocok dengan apa yang diidam-idamkan oleh Ummi, ya biasa saja. Yang paling penting itu cantik hatinya, kalau udah cantik hati, aura kecantikan di luar bakal keluar dengan sendirinya 
“Ya ALLAH, jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, janganlah Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidak tahuan mereka”,(Abu Bakar As-Shiddiq ra) " bagiMulah segala puja puji, dgn hati badan dan lisanku.


Ada cerita lucu, saat Ummi meminta izin kepada Ustazah, aku berumur 9 bulan dalam kandungan ibu, dan saat itu si Ustazah juga tengah mengandung 7 bulan. Dan di masa depan ini aku bertemu kembali dengan anak si Ustazah yang dulu sama-sama berada di alam kandungan, dan bertemunya secara tidak sengaja, Nah, karena sekarang Ustazah itu juga menjadi Musrifahku di Perhalaqoan, banyak Ustazah yang lain mengira bahwa aku anak kandung Ustazah maharani .   sisi positifnya lagi, Ustazah ini udah kenal denganku, ya berkat anaknya juga yang sering cerita ke ibunya kalau dia punya teman yang namanya sama dengan ibunya, jadi asal aku mau periksa mata pasti dapat diskon biaya pengobatan dari si Ustazah, 
Nama Andi Mutmainnah Salam
Andi : Nama Keturunan atau ke silsila keluarga yang baik..“Mutmainnah” :
dalam suroh AL-BALAD  yang artinya adalah JIWA YANG TENANG,
SALAM : KE SELAMATAN UNTUK-NYA
Aku lahir di tengah malam saat waktu shalat Tahajud PERTENGAHAN SHUBUH ..
Benarkan yang aku kata, semuanya seperti kebetulan dan pas dengan niat Ummi yang ingin memberikan nama yang cantik ini pada ana
Tetapi pada makna erti nama ana , ada makna tersirat yang diberikan Allah pada hari kelahiranku. Tidak semua manusia bisa mendapatkan moment khusus seperti ini. Semoga aku bisa menjadi hamba yang taat kepada Allah. Allah lah yang menjadi titik awal yang membuat aku menjadi sosok yang seberuntung ini. Dan sampai saat ini, entah mengapa aku lebih menyukai suasana malam dan semua keindahan yang terdapat pada malam, sifat malam pun terasa begitu menyatu denganku.

Andi Mutmainnah Salam
Wah, mungkin ini bagian nama yang paling mudah ditebak prediksi sejarahnya. Kalau “Andi” kebanyakan orang akan prediksi anti darah bugis yah “”, ataupun karena Andi itu berasal asal suku atau kerajaan atau anak darah keturunan bugis jadi tidak salah lagi prediksi orang memanglah benar ada benar. kalau “Mutmainnah” orang-orang pasti nebak kalau saya lahir saat salah satu orang tua saya ada yang punya jiwa yang tenang ia lemah lembut...,, penuh dengan ketenangan.,, Yup, bener banget. sbb ummi hatinya penuh dengan kasih sayang, lembut dalam berbahasa. apatah lagi ummi tidak pernah memarahi anaknya sampai mengucapkan kata-kata kasar. hm mm..  Subhanalloh.
Ya, begitulah sahabat erti dari “Namaku” . Benar-benar INDAH TERDENGAR. penuh ketidak sengajaan dan pastinya menjadi sejarah bagi hidupku. Peristiwa-peristiwa yang aku alami ketika aku lahir, benar-benar membuat aku menjadi makhluk yang beruntung. “Nama ini” membuat semua orang mudah mengenalku, dan ingat akan ana,, . Mungkin selain nama yang cantik. di dunia ini mungkin baru aku yang memiliki nama seperti ini, Subhanalloh.. Walhamdulillah.


0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More