Saturday, August 6, 2011

Bolehkah Puasa Saat Hamil




Dalam keadaan hamil, janin sangat tergantung pada nutrisi yang dimakan ibunya.

Banyak wanita hamil ragu menjalankan ibadah puasa. Mereka takut berpuasa akan membahayakan janin di dalam kandungan. Sebenarnya, bolehkah wanita hamil berpuasa?

Dalam beberapa keadaan seperti kehamilan, menyusui, dan menstruasi, Islam membolehkan wanita untuk tidak berpuasa.

Dalam keadaan hamil, janin sangat tergantung pada nutrisi yang dimakan ibunya. Biasanya, dokter menyarankan wanita untuk tidak berpuasa selama trimester pertama dan ketiga. Mereka dapat berpuasa ketika menginjak trimester kedua jika dokter kandungan mereka memberikan izin.

Ada beberapa dampak negatif yang mungkin terjadi jika Anda berpuasa ketika kondisi tubuh dan janin tidak dalam keadaan baik. Puasa meningkatkan risiko kelahiran prematur. Puasa pun dapat mengakibatkan bayi terlahir dengan cacat pernapasan, berat badan rendah, dan dehidrasi.

Karenanya, sangat penting bagi wanita hamil untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan berpuasa. Jika dokter telah memberikan lampu hijau, wanita hamil tetap harus menjalankan dengan penuh pertimbangan, tidak sembarangan. Beberapa hal yang perlu diperhatian antara lain:

1. Minum banyak air sebelum dan sesudah berpuasa.
2. Sahur dan berbuka dengan makanan sehat dari setiap kelompok makanan dengan komposisi 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, 10-20 persen lemak.
3. Konsumsi susu dan suplemen ketika sahur sebagai penambah energi.
4. Jika Anda merasa lemas selama berpuasa, jangan lanjutkan. Segeralah berbuka.
5. Hindari kegiatan yang menguras tenaga.
6. Perbanyak camilan sehat di malam hari seperti buah.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More