Friday, January 21, 2011

Raja Arab Saudi ‘Jejali’ Obama dengan Emas & Berlian

Tahukah anda, sepanjang tahun pertama kepemimpinannya Presiden Amerika Serikat Barack Obama keluarga dan anggota kabinetnya menerima hadiah lebih dari 300 ribu dolar dari Raja Arab Saudi Abdullah Bin Abdulaziz.

Kantor Arsip Nasional AS, Selasa (18/1) kemarin dalam sebuah rilisnya, menyatakan, Raja Abdullah telah mempersembahkan hadiah senilai lebih dari 34 ribu dolar kepada Obama, 146,2 ribu dolar kepada istrinya, dan 7,275 ribu dolar kepada kedua putri Sang Presiden, Sasha dan Malia.

Raja Saudi juga memberikan hadiah 108,245 ribu dolar kepada para pegawai Gedung Putih, 23,400 ribu dolar kepada para diplomat tinggi AS, serta 12 ribu dolar kepada wakil duta besar AS di Riyadh.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Raja Abdullah telah menghadiahkan Michelle Obama perhiasan yang terbuat dari berlian dan batu ruby senilai 132 ribu dolar. Tidak hanya itu, Raja Saudi juga mempersembahkan sebuah kalung mutiara senilai 14,200 ribu dolar kepada istri Obama.

Selain Raja Saudi, Presiden Cina Hu Jintao juga memberikan Obama sutra bordir senilai 20 ribu dolar. Presiden Zionis Israel Shimon Peres memberikan Obama patung perunggu seorang gadis yang tengah melepaskan merpati, senilai 8.000 dolar.

Beberapa pemimpin negara lain juga turut menganugerahkan hadiah kepada Obama, antara lain Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan istrinya, dan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown. Menurut hukum AS, hadiah yang diberikan kepada para pejabat AS harus diserahkan ke Departemen Arsip Nasional. (republika.co.id, 19/1/2011)

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More